Minggu, 25 Desember 2016

WASPADA..!!! Jika Kamu Keseringan Ngupil Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu…

Anda pernah mengupil? Jika jawabnya “ia” berarti anda termasuk orang yang mungkin sering melakukan kegiatan ini. Bagi sebagian orang, istilah mengupil bukanlah suatu hal yang asing lagi. Sisi positif dari kegiatan Mengupil adalah salah satu cara mudah untuk membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk kedalam hidung dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan ini umum dan sudah tidak asing, tapi bagi sebagian orang yang memegang budaya tertentu, hal ini cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.


Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai. Hal yang dapat memicu seseorang untuk mengupil adalah karena lendir yang mengering di dalam hidung menimbulkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal. Sahabat AKA SHARE.. meskipun kegiatan mengupil ini sah sah saja dan bisa dilakukan oleh semua orang, namun anda tetap harus menjaga kesopanan dan tetap berhati hati karena terlalu sering mengupil bisa berbahaya bagi kesehatan anda bahkan bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini 6 bahaya yang diakibatkan dari terlalu sering mengupil:

1. Akan Mudah Terserang Flu.
Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu. Biasanya setelah beberapa hari kemudian tubuh kita akat terserang flu, tenggorokan menjadi gatal, hidung sakit dan bersin-bersin.

2. Memicu Terjadinya Mimisan.
Akibat lain dari terlalu sering mengupil yaitu bisa menjadi penyebab kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara. Kerusakan pada lapisan hidung inilah yang pada akhirnya bisa memicu terjadinya mimisan.

3. Menimbulkan infeksi.
Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri menjadi lebih mudah masuk ke hidung dan kuman atau bakteri tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain. Akibat luka juga bisa menimbulkan infeksi di dalam hidung.

4. Membuat Rambut Dihidung Rontok.
Ketika kegiatan mengupil ini menjadi pembiasaan dan dilakukan terus menerus akan menjadi penyebab rontoknya rambut-rambut yang ada didalam hidung. Padahal rambut ini berfungsi penting untuk menyaring debu dan polutan dari udara luar. Tanpa rambut hidung polutan akan mudah masuk dan kemudian akan memberi jalan bagi banyak jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh kita.

5. Menyebabkan Pendarahan.
Jika memang anda terpaksa mengupil karena kotoran di hidung sudah mengganggu pernafasan, sebaiknya memotong kuku terlebih dahulu, anda juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil. Jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung. Terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

6. Menyebabkan Kematian.
Hal yang paling menyeramkan dari bahaya mengupil ini adalah bisa mengakibatkan kematian. Kondisi ini dapat saja terjadi, Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan penyakit meningitis.

Nah sahabat.. sekarang anda tahu bahwa ternyata sebuah kegiatan yang terlihat sepele, ternyata memiliki dampak yang besar bagi kesehatan tubuh kita. Jadi berhati-hatilah, informasi ini bisa anda sampaikan kepada keluarga dan orang-orang tercinta di sekitar anda.

Sumber : Postshare.co.id

Baca Juga :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar